Custom Search

Senin, 19 Desember 2011

AGAR TIDUR BERNILAI IBADAH



Islam memberikan tuntunan mengenai adab-adab tidur sehingga pada saat bangun dari tidurnya seorang muslim akan merasa segar tubuhnya dan sehat jiwanya. 
Berikut adab-adab tidur yang dituntunkan oleh Rasulullah saw :


1. Tidur di awal waktu
Rasulullah saw mencontohkan tidur di awal waktu (setelah shalat isya) dan bangun pada sepertiga malam terakhir untuk melaksanakan qiyammul lail.

2. Tidur dalam keadaan berwudhu
Rasulullah saw menganjurkan untuk berwudhu sebelum tidur sebagaimana berwudhu untuk shalat

3. Berbaring pada bagian badan sebelah kanan, berbantal tangan kanan dan menghadap kiblat
Tidur dengan posisi berbaring pada bagian badan sebelah kanan akan menyebabkan kita mudah terbangun. Selain itu, posisi ini ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung karena dalam posisi ini, jantung tidak terhimpit oleh organ tubuh yang lain.

4. Menghindari posisi yang membahayakan kesehatan
Tidur terlalu lama dalam posisi tengkurap sangat membahayakan kesehatan karena posisi jantung terhimpit oleh organ-organ tubuh yang lain.

5. Berdoa, berdzikir dan membaca beberapa ayat sebelum tidur

6. Memeriksa tempat tidur, dikhawatirkan ada hal-hal yang membahayakan berada di tempat tidur kita, semisal serangga, ular atau benda-benda berbahaya lainnya.

7. Melakukan muhasabah (evaluasi diri) tentang apa yang telah dilakukan selama ini, diikuti dengan taubat dan mohon ampunan pada Allah SWT.

8. Rasulullah saw juga menganjurkan untuk melakukan tidur qailulah, yaitu tidur sejenak di siang hari (biasanya menjelang waktu dhuhur). Tidur siang sebentar dapat menentramkan hati dan mengembalikan kebugaran setelah bekerja keras. Waktu yang dianjurkan adalah antara 30 menit sampai 90 menit.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar