Custom Search

Minggu, 04 Desember 2011

MAKAN DENGAN SEHAT



Jika kita mengamati pola makan Rasulullah saw, maka kita akan dapati bahwa beliau memperhatikan beberapa aspek, diantaranya aspek faedah, kenikmatan dan penjagaan terhadap kesehatan, seperti yang ditetapkan oleh ilmu kedokteran baik dulu maupun sekarang, bahwa mengkonsumsi makanan secara berlebihan akan mengakibatkan berbagai penyakit, dan beliau tidak pernah makan hingga kekenyangan.

Berikut ini beberapa tata cara dan adab makan yang dianjurkan oleh Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wa sallam:

1- Membaca basmalah (سم الل) sebelum makan, dan jika lupa maka membaca:
"Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya"

2- Duduk dengan baik tegap dan tidak menyandar, karena hal itu lebih baik bagi lambung sehingga makanan akan turun dengan sempurna. Dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah melarang kita untuk makan
sambil bersandar. Beliau bersabda: "Sesungguhnya aku tidak makan dengan bersandar"

3- Mencuci tangan sebelum makan, sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

4- Menggunakan tangan kanan.

5- Bersikap sederhana dan tidak berlebih-lebihan ketika makan.

6- Memulai makan dari yang dekat dan tidak memenuhi mulut dengan makanan yang banyak.

7- Tidak banyak bicara ketika sedang makan.

8- Disunnahkan untuk makan secara berjamaah dan tidak berpencar sendiri-sendiri, karena jamaah akan mempererat persaudaraan dan menyebabkan turunnya barokah pada makanan kita.

9- Ketika makan berjamaah dalam satu tempat makan maka jangan mengembalikan apa yang tersisa ditangan ke tempat makan, akan tetapi ambillah suapan yang sedikit hingga tidak bersisa.

10- Tidak mengeluarkan suara keras ketika mengunyah makanan, karena hal itu mengganggu orang lain.

11- Jangan mengawasi dan melihat-lihat orang yang sedang makan, karena hal itu mengganggu perasaan mereka, dan mengurangi selera makan.

12- Tidak menyisakan makanan dipiring, bahkan kita dianjurkan untuk membersihkan tangan dan jari-jari kita dengan mulut ketika selesai makan,dan jika ada makanan yang jatuh supaya dipungut dan dibersihkan kemudian dimakan.

13- Membaca hamdalah dan doa setelah makan:Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini dan menganugerahkannya kepadaku tanpa susah payah.”

14- Mencuci tangan sebelum dan setelah makan.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar