Custom Search

Senin, 16 April 2012

Manfaat Herba Daun Pepaya


Manfaat Daun Pepaya bagi kesehatan sudah diakui oleh penggemar jamu tradisional sebagai daun tanaman yang memiliki manfaat sebagai obat. Pohon pepaya banyak kita jumpai di pekarangan rumah. Daun pepaya banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Rasa daun pepaya memang pahit tapi di balik rasa pahit tersebut tersimpan khasiat yang begitu berguna bagi kesehatan tubuh.

Daun pepaya sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Di antara khasiat daun pepaya yang sangat populer adalah dapat menghilangkan nyeri waktu haid. Berikut ini beberapa manfaat daun pepaya seperti tertera di bawah ini.
 
a. Memperlancar pencernaan
Daun pepaya banyak memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Kandungan zat kimia tersebut berfungsi sebagai pembunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan. Dengan mengkonsumsi daun pepaya pencernaan yang terhambat atau tidak lancar bisa di atasi dengan daun pepaya ini.

b. Menghilangkan nyeri waktu haid
Nyeri waktu haid juga bisa diatasi dengan daun pepaya ini, caranya yaitu cukup ambil beberapa daun pepaya dan asam jawa serta sedikit garam. Daun pepaya, asam jawa da garam tersebut direbus sampai airnya menguning. Air rebusan yang sudah didinginkan diminum secara rutin agar nyeri yang terjadi bisa hilang.

c. Menambah nafsu makan
Nafsu makan yang terhambat bisa diatasi dengan daun pepaya. Biasanya untuk anak yang susah makan, bisa di atasi dengan memberi daun pepaya ini. Caranya, ambil 2 lembar daun pepaya yang masih segar dan muda, garam. Kemudian daun pepaya dan garam tersebut ditumbuk sampai halus dan diberi air segelas lalu saringlah. Berikanlah pada anak anda yang sulit makan agar nafsu makannya kembali.

d. Obat jerawat
Jerawat juga bisa di atasi dengan daun pepaya, bagi anda yang mempunyai wajah berjerawat akan merasa tidak pede dengan jerawat yang tumbuh pada wajah. Daun pepaya bisa mengobati jerawat yang tumbuh pada wajah anda tersebut dengan cara dibuat masker. Cara membuatnya gampang, cukup ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua, daun pepaya dijemur sampai kering kemudian tumbuk sampai halus. Ambil tumbukan daun pepaya dan beri sesendok air, aduk dan oleskan secara merata pada wajah anda yang berjerawat. Setelah beberapa menit bersihkan wajah yang sudah dimaskeri dengan daun pepaya tersebut dengan air sampai bersih.

e. Anti kanker
Dari beberapa penelitian daun pepaya ini dikembangkan sebagai obat kanker. Namun hal ini belum terbukti secara ilmiah.

Selain daunnya, batang pohon pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan karena di batang ini terkandung  milky latex (getah putih seperti susu). Buah pepaya juga kaya manfaat. Selain bisa langsung dimakan juga bisa dibuat sayur, kue, manisan, dan lain-lain.
 
Semoga bermanfaat.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar