Custom Search

Kamis, 19 April 2012

Sereh, Bumbu Dapur yang Menyehatkan


Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan atau ramuan pengusir nyamuk. Tetapi, tahukah Anda bahwa di balik baunya yang harum, tanaman yang bernama latin  Andropogon nardus ini juga menyimpan beragam manfaat medis dan kesehatan?

Penelitian menunjukkan, daun sereh memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Sereh diketahui berkhasiat sebagai herba diuretik, pereda kejang dan antirematik. Sereh juga dapat diminum dalam bentuk teh sereh sebagai herba diuretik dan untuk detoksifikasi. Sifat diuretik sereh membantu menormalkan keseimbangan air dalam tubuh dan menghilangkan kelebihan air. Hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan beberapa kilo dan membuat tubuh tampak lebih ramping.

Beberapa orang percaya bahwa sereh dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tifus, infeksi kulit, keracunan makanan dan bau badan. Selain itu, kandungan senyawa analgesik pada minyak sereh dapat membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri sendi dan nyeri otot.

Bukan hanya itu saja, sereh juga memiliki sifat anti-piretik yang bermanfaat dalam menurunkan panas. Oleh karena itu, sereh sangat baik diberikan untuk orang yang sedang mengalami demam.

Minyak Sereh (Citronella Oil) dapat digunakan sebagai pewangi alami, bersifat anti serangga sehingga dapat mencegah gigitan nyamuk atau gigitan lintah, mampu mengurangi gatal pada kulit, sebagai peluruh keringat, penghangat badan, dan apabila digunakan untuk mandi dapat mengurangi rasa pegal atau lelah, Menghilangkan nyeri otot, relaksasi, mengatasi Jet Lag, menghangatkan tubuh.
 
Banyaknya manfaat dari sereh dikarenakan sereh memang merupakan minyak esensial aromaterapi yang mengandung anti bakteri alami.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar