Custom Search

Kamis, 22 Desember 2011

HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH



Sebagai agama yang sempurna, Islam tidak hanya membimbing umatnya untuk menyembah Allah swt dan berhubungan dengan sesama makhluk. Islam juga memberi tuntunan untuk hidup sehat. Dalam pandangan Islam, mukmin yang kuat (sehat) lebih disukai Allah dibanding mukmin yang lemah. Seorang mukmin yang kuat tentu bisa berbuat lebih banyak untuk kemaslahatan umat.

Rasulullah saw adalah contoh mukmin yang kuat dan sehat sesuai tuntutan Allah SWT. Meskipun bukan seorang dokter atau tabib, Rasulullah saw telah mencontohkan banyak sekali pola hidup sehat yang masih sangat relevan hingga saat ini. Terdapat lebih dari 300 hadits mengenai pola hidup sehat, yang meliputi kebersihan diri dan lingkungan, tata cara bersuci dan wudhu, pola makan dan minum, dan masih banyak hal lagi. Bahkan, dalam beberapa hadits dibahas tentang tata cara tidur yang menyehatkan.

Rasulullah saw mencontohkan posisi tidur yang baik adalah dengan menghadap kiblat dan bertumpu di tangan kanan. Setelah diteliti ilmu kedokteran modern, ternyata tuntunan Rasulullah saw ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Untuk pola makan, Rasulullah saw memberi peringatan bahwa tidak ada bejana yang lebih buruk yang diisi oleh manusia selain daripada perutnya sendiri, sehingga semua penyakit bersumber dari perut.

Ternyata ahli-ahli kesehatan masa kini sepakat bahwa kesehatan seseorang sangat ditentukan oleh kondisi kebersihan lambung dan usus besarnya (perut). Jika kedua organ tersebut bersih, maka sehatlah seseorang. Sebaliknya, jika di lambung dan usus besar bertumpuk toksin/racun, bisa dipastikan orang tersebut sakit. Hal ini menunjukkan bahwa tuntunan pola hidup sehat Rasulullah saw bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan masih relevan untuk diterapkan saat ini.

Rasulullah saw juga menganjurkan umatnya untuk melakukan al hijamah atau bekam sebagai salah satu teknik pengobatan terbaik. Setelah dilakukan penelitian secara mendalam, ternyata al hijamah atau bekam ini merupakan proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari dalam tubuh) yang paling aman tanpa efek samping.

Sayangnya, umat Islam sering mengabaikan pola hidup sehat ala Rasulullah saw ini. Perhatian umat lebih tertuju pada hal-hal yang bersifat ibadah saja. Padahal, bila kita meluangkan waktu untuk mengkaji lebih dalam dan mempraktekkan pola hidup sehat Rasulullah saw ini, insya Allah nilai kesehatan yang hakiki berada di tangan kita.

Baca juga :
1. GAYA HIDUP SEHAT RASULULLAH
2. AL HIJAMAH : TERAPI WARISAN RASULULLAH
3. THIBBUN NABAWI : TERAPI HOLISTIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar