Custom Search

Rabu, 04 Januari 2012

SUMBER UTAMA TERJADINYA PENYAKIT



Allah SWT telah melengkapi setiap tubuh manusia dengan satu kekuatan fitrah (alami) yang bisa digunakan untuk menolak serta menyembuhkan secara pribadi dan mandiri setiap penyakit yang menyerang dirinya. Kekuatan fitrah ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan sistem imunitas (daya tahan) tubuh. Sistem imunitas ini berfungsi menghalau masuknya berbagai penyakit yang datang dari luar tubuh, baik berupa bakteri, virus atau patogen-patogen lain.

Pada mulanya, Allah swt menciptakan tubuh manusia dalam kondisi harmoni (seimbang). Pada kondisi ini, sistem imunitas tubuh berada pada kondisi yang paling baik sehingga tubuh pun akan sehat. Tetapi keseimbangan ini sedikit demi sedikit berubah akibat ulah manusia sendiri. Hal ini mengakibatkan sistem imunitas terganggu sehingga serangan bakteri, virus dan patogen lain dari luar tubuh tidak mampu dihalau dan mengakibatkan timbulnya penyakit.

Dengan demikian, penyakit sebenarnya bukan bersumber dari bakteri, virus atau patogen lain sebagaimana pandangan sebagian besar masyarakat, termasuk kedokteran modern. Dalam pandangan kedokteran Islam, sumber utama penyakit adalah akibat lemahnya sistem imunitas tubuh. Ada 3 faktor utama yang melemahkan sistem imunitas, yaitu:

-         Toksin Yang Tertimbun Dalam Tubuh
Penumpukan toksin dalam tubuh disebabkan oleh faktor makanan, minuman, pencemaran udara dan air, serta stress. Bila tidak segera dikeluarkan, toksin dapat merusak sel-sel tubuh, melemahkan fungsi organ sehingga imunitas tubuh pun menurun. Salah satu solusi tepat adalah dengan berbekam.

-         Ketidakseimbangan Suhu
Disebabkan oleh sistem pengeluaran urin yang bermasalah. Minum air dalam jumlah yang cukup dalam membantu mengatasi masalah ini.

-         Ketidakseimbangan Angin
Terkait dengan masalah pencernaan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan angin adalah dengan melakukan pembersihan usus besar dari toksid-toksid yang menumpuk (colon cleansing)


Baca juga:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar