Custom Search

Selasa, 24 Januari 2012

DIABETES MELITUS, APA ITU..?


Diabetes Melitus atau yang dikenal dengan kencing manis atau gula darah merupakan penyakit yang disebabkan karena gula yang dikonsumsi tidak diserap dengan maksimal, sehingga gula tertimbun. WHO melansir data pada tahun 2009 di Indonesia 8 juta penduduknya menderita penyakit diabetes. Hal ini menjadikan Indonesia menempati peringkat ke-4 di dunia sebagai negara dengan jumlah penduduk penderita diabetes terbesar di dunia. Dan China saat ini menjadi negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia dengan 92,4 juta penderita diabetes. Sekitar 61% tidaknya tidak menyadari bahwa mereka telah menderita diabetes.
 
Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Insulin adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh pankreas yang bertanggung jawab untuk mengontrol jumlah/kadar gula dalam darah dan insulin dibutuhkan untuk merubah (memproses) karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang diperlukan tubuh manusia. Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.

Setelah makan, pankreas otomatis melepaskan insulin untuk memindahkan glukosa dalam darah kita ke dalam sel, dan menurunkan tingkat gula darah. Ini sekaligus menjawab kenapa orang yang menderita DM (Diabetes mellitus) umumnya disuntik insulin.

Seseorang dengan penyakit diabetes mellitus memiliki kondisi di mana jumlah glukosa dalam darah terlalu tinggi (hiperglikemia). Hal ini karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau bisa juga pankreas memang tidak memproduksi insulin (salah satunya karena kerusakan pankreas). Hal ini menyebabkan terlalu banyak glukosa dalam darah.

Tipe Tipe Diabetes Mellitus

Ada 2 jenis diabetes mellitus:
  • Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 1 – pankreas tidak memproduksi insulin sama sekali. Keadaan ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pankreas. Sehingga jika ini terjadi, penderita harus disuntik insulin setiap hari dan mengatur makanan yang rendah glukosa.
  • Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2 – pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup, atau insulin tidak bekerja dengan baik.

Baca juga:
1. APA SAJA GEJALA DIABETES MELLITUS...?
2. TIPS ISLAMI MENGAKHIRI DIABETES MELLITUS

Produk herba yang bisa digunakan untuk terapi diabetes mellitus:
1. HABBATUSSAUDA OIL SOFTGEL
2. GAMALIFE
3. GREEN PALAPA
4. HABBATUSSAUDA PLUS MENGKUDU
5. HABBATUSSAUDA CAP DUA KURMA (MINYAK)
6. HABBATUSSAUDA CAP DUA KURMA 210
7. HABBATUSSAUDA CAP DUA KURMA 100
8. KOPI RADIX SINERGI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar