Custom Search

Selasa, 10 Januari 2012

PERLENGKAPAN AL HIJAMAH / BEKAM

Dalam melakukan al hijamah/bekam, dibutuhkan perlengkapan yang memadai supaya hasilnya optimal. Peralatan al hijamah/bekam yang dimaksud adalah secara lengkap sebagai berikut:

1. KOP ANGIN

Kop angin adalah salah satu dari peralatan terapi al hijamah/bekam yang utama. Alat ini fungsinya adalah untuk menghisap titik bekam pada permukaan kulit sehingga darah kotor dan toksin dapat dikeluarkan. Peralatan ini dalam 1 set terdiri atas Kop serta pompa tangan vacum.

Terdapat banyak jenis dan merek kop angin di pasaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.


2. PENA BEKAM ATAU LANCING DEVICE

Pena bekam atau lancing device digunakan sebagai tempat jarum bekam. Tersedia banyak jenis dan merek pena bekam di pasaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada yang manual dan otomatis, ada yang terbuat dari bahan atom dan logam.



3. JARUM BEKAM ATAU LANCET

Jarum bekam digunakan untuk melukai permukaan kulit yang akan dibekam. Terdapat banyak merek dan ukuran di pasaran. Disarankan menggunakan ukuran 21-G karena bentuk ujungnya pipih sehingga mengurangi rasa sakit saat menembus kulit dan lebih sesuai sunnah Rasulullah yang menganjurkan al hijamah dengan sayatan.

Jarum bekam digunakan sekali pakai untuk satu pasien saja. Setelah digunakan untuk menerapi pasien, harus dibuang.



3. SARUNG TANGAN

Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan terapis al hijamah dari kemungkinan terpapar darah pasien.

Sarung tangan digunakan sekali pakai untuk satu pasien saja. Setelah digunakan untuk menerapi pasien, harus dibuang.




4. MASKER WAJAH

Masker wajah digunakan untuk melindungi terapis al hijamah dari kemungkinan terpapar gas beracun yang keluar dalam proses al hijamah.







5. PERALATAN STERILISASI
Setelah digunakan untuk menerapi pasien, kop angin dan lancing device harus disterilkan untuk dapat digunakan lagi. Proses sterilisasi ini sangat penting untuk menjaga kehigienisan alat bekam. Apalagi al hijamah ini menyangkut pengeluaran darah yang sangat mudah menularkan penyakit. Adapun peralatan sterilisasi yang diperlukan adalah:
  • Hidrogen peroksida (H2O2) 3%
  • Alkohol 70%
  • Klorin

Baca juga:
1. AL HIJAMAH : TERAPI WARISAN RASULULLAH
2. WAKTU UTAMA MELAKUKAN AL HIJAMAH
3. AL HIJAMAH : SOLUSI ISLAMI UNTUK HIPERTENSI
4. PROSES STERILISASI PERLENGKAPAN AL HIJAMAH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar