Custom Search

Sabtu, 14 Januari 2012

JENIS DAN TEKNIK AL HIJAMAH / BEKAM

 

Ada 2 jenis bekam yang dipergunakan:

 

1. Bekam Basah (Damawiyah)

Jenis bekam basah adalah bekam yang dilakukan oleh Nabi, maka dari itu disebut bekam sunnah Nabi.

Disini permukaan kulit disedot terlebih dahulu, lalu dilukai atau disayat dengan menggunakan lancet (jarum yang tajam) atau pisau bedah kemudian disekitarnya disedot kembali untuk mengeluarkan darah yang berisi sisa-sisa toksid dari dalam tubuh. Setiap sedotan dibiarkan selama 2-3 menit kemudian dibuang kotorannya dengan cara ditempatkan pada cawan atau tempat sampah khusus. Maksimal sedotan tidak lebih dari 7 kali. Darah yang mengandung toksid berwarna hitam pekat seperti jeli atau berbuih. Jarak waktu pengulangan bekam di tempat yang sama adalah 2-3 minggu. Bekas luka insya Allah akan hilang dalam 2-3 hari jika diurut dengan Minyak Herba Jawi 99 dan bekasnya tidak terkena air selama 3-4 jam setelah berbekam.

 

2. Bekam Kering (Jaafah )

Bekam jenis ini adalah pengembangan dari bekam basah. Bekam kering bermanfaat untuk membuang angin  serta melegakan sakit secara emergensi tanpe melukai kulit. Dapat melemaskan otot-otot yang kaku. Disini pengkopan hanya dilakukan satu kali selama 15-20 menit. Setelah selesai baru dioleskan lagi Minyak Herba Jawi 99 untuk mempercepat menghilangkan lebam bekas bekam kering tersebut.  

 

Ada 4 teknik bekam yang biasa dilakukan : 

  • Teknik statis, dimana titik yang dituju langsung dihisap

  • Teknik seluncur, dimana sebelum mendapatkan titik yang dimaksud tubuh diolesi dulu dengan Minyak Herba Jawi 99 kemudian dikop dengan gelas bekam kemudian diseluncurkan. Teknik ini biasanya digunakan untuk membuang angin.

  • Teknik tarik, biasanya digunakan pada dahi, dengan cara dihisap kemudian ditarik, demikian berkali-kali.

  • Teknik limfatik, yaitu sebelum menemukan titik yang akan dibekam bagian tubuh yang akan dibekam dipalpasi (diraba), bila terasa ada sesuatu yang menonjol seperti gumpalan-gumpalan yang berbentuk pasir, beras atau kacang hijau,  hisap dengan menggunakan gelas bekam. Fungsi teknik limfatik adalah untuk mengaktifkan kembali leukosit dalam menjalankan tugasnya yaitu membasmi kuman, bakteri dan virus yang melemahkan sistem imunitas.

 

Baca juga:
1. AL HIJAMAH : TERAPI WARISAN RASULULLAH
2. WAKTU UTAMA MELAKUKAN AL HIJAMAH
3. PERLENGKAPAN AL HIJAMAH
4. PROSES STERILISASI PERLENGKAPAN AL HIJAMAH 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar