Minggu, 19 Februari 2012

Agar Wasir Tak Bikin Khawatir


Wasir atau ambeien dalam istilah kedokterannya disebut hemoroid. Penyakit ini sering dianggap penyakit yang memalukan, sehingga penderita enggan membicarakannya dan kadang segan untuk memeriksakan diri karena timbulnya di tempat yang kurang pantas yaitu di anus. Walaupun bukan termasuk penyakit yang membahayakan jiwa, namun gangguan wasir sangat mengganggu. 

Kenali Wasir
Wasir merupakan penyakit yang ditandai dengan pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah vena di daerah anus. Bila ada tekanan seperti mengejan ketika sembelit, wasir dan jaringan di sekelilingnya menjadi membengkak dan dapat menonjol keluar dari anus, biasanya juga disertai dengan keluarnya darah segar.
Meski tergolong penyakit tidak berbahaya, wasir tak urung membuat resah bagi yang mengalaminya. Terlebih jika keluar tonjolan wasir di muara dubur (anus). Demikian pula ketika darah segar menetes-netes dari dubur, adakalanya mengakibatkan si penderita wasir menjadi pucat pasi. 

Faktor Pencetus
Penyakit wasir merupakan hasil peningkatan tekanan dalam pembuluh vena di sekitar anus sehingga menghalangi aliran darah di anus. Kondisi tersebut terutama disebabkan karena seringnya sembelit (susah buang air besar). Dengan adanya penekanan feses yang keras pada usus dan disertai dengan pemaksaan pada waktu mengejan akan mengakibatkan pembesaran pada pembuluh darah vena yang berakibat wasir. Selain diakibatkan sembelit, wasir juga disebabkan karena pekerjaan yang menuntut duduk atau berdiri terlalu lama dan tidak berpindah-pindah, sering mengangkat beban terlalu berat, sering mengejan, faktor kegemukan, faktor genetika (keturunan), kegemukan (obese), kurangnya makanan berserat yang mengakibatkan sembelit, hubungan seks melalui anus, infeksi pada anus, dan tekanan pada usus akibat pembesaran rahim pada masa kehamilan.
Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan. Penyakit ini lebih rawan terjadi pada wanita dari pada pria. Hal ini disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria

Waspadai Gejala Awal
Gejala-gejala awal adanya penyakit wasir yaitu akan timbul rasa panas, gatal, dan nyeri pada dubur, adanya tonjolan keluar dari anus pada saat buang air besar, tonjolan akan menjadi lebih besar seiring dengan tekanan abdominal. Wasir sering juga disertai dengan pendarahan. Dalam banyak kasus, darah segar keluar bersama feses sewaktu buang air besar. Rasa nyeri dan pendarahan bisa timbul dan hilang sehingga enderita wasir merasakan ketidaknyamanan terus-menerus.
Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuk pembekuan darah.Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi anus yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bisa menjadi gejala dari wasir. Rasa gatal ini terjadi karena keadaan wasir yang menonjol keluar menghambat pembersihan anus secara efisien,dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari tinja menumpuk pada kulit sekitar anus dan menjadi bahan iritan (bahan yang memicu iritasi). Iritan ini dapat berpotensi menjadi kanker bila tidak segera ditangani.
. 
Tipe Wasir
Ada dua tipe wasir, yaitu wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid). Wasir dalam timbul pada saluran usus yang dilapisi selaput lendir/mukosa, terjadi pembengkakan di dalam anus. Sedangkan pada wasir luar pembengkakan pembuluh darah vena terjadi di luar, pembengkakan dapat menonjol keluar dari rektum, sehingga terlihat di sekitar anus.
Wasir dalam dibagi menjadi empat derajat berdasarkan kondisi klinisnya :
  1. Derajat 1. Bila terjadi pembesaran wasir yang tidak prolaps (menonjol) ke luar saluran anus. Hanya dapat dilihat dengan anorektoskop.
  2. Derajat 2. Pembesaran wasir yang prolaps dan menghilang atau masuk sendiri ke dalam anus secara spontan.
  3. Derajat 3. Pembesaran wasir yang prolaps dapat masuk lagi ke dalam anus dengan bantuan dorongan jari.
  4. Derajat 4. Prolaps wasir yang permanen, sudah tidak bisa dimasukkan ke dalam anus. Kondisi ini rentan untuk mengalami thrombosis dan infark.
Cegah Sebelum Terjadi
Upaya pencegahan agar tidak terkena wasir yaitu dengan menerapkan hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan berserat dalam jumlah yang cukup seperti sayur dan buah-buahan untuk menghindari terjadinya sembelit, olahraga secara teratur, hindari mengejan, jangan duduk terlalu lama dan pindah-pindahkan posisi duduk. Pada umumnya upaya pengobatan yang diberikan untuk mengatasi wasir tanpa operasi diantaranya yaitu, menghilangkan rasa sakit, mengurangi bengkak, mengatur kebiasaan buang air besar dan melunakkan feses.
Kebanyakan wasir bisa sembuh sendiri dalam seminggu atau dua minggu asalkan ada usaha pencegahan oleh penderitanya. Usaha pencegahan yang paling efektif adalah:
  • Diet tinggi serat, yaitu dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah.
  • Minum sedikitnya 8 gelas air sehari.
  • Meningkatkan jumlah aktivitas fisik harian.
  • Tambahkan pelunak tinja atau pencahar untuk diet. Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan berkepanjangan pelunak tinja dan pencahar.
  • Turunkan berat badan.
  • Ubah kebiasaan berak, jangan mengejan bila berak masih belum mau keluar
  • Latihan otot-otot pantat.
  • Jaga kebersihan daerah sekitar anus dengan membilas dengan air yang bersih bila selesai buang air besar.
Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, diharapkan dapat mencegah terjadinya wasir sehingga kita tidak lagi perlu khawatir. Semoga bermanfaat.

Produk herba yang bisa digunakan untuk terapi asam urat:
1. HABBATUSSAUDA OIL SOFTGEL
2. GAMALIFE
3. GREEN PALAPA
4. HABBATUSSAUDA PLUS MENGKUDU
5. HABBATUSSAUDA CAP DUA KURMA (MINYAK)
6. HABBATUSSAUDA CAP DUA KURMA 210
7. HABBATUSSAUDA CAP DUA KURMA 100
8. KOPI RADIX SINERGI


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar